A. Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti
banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari
beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan
presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif
yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai
informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik
dan animasi.
Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu
kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi
itu tersaji dengan lebih menarik.[[1]]
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
a.
Rosch, 1996 :
Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
b.
McComick, 1996 :
Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
c.
Turban dan
kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media
input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video,
teks, grafik dan gambar
d.
Robin dan Linda,
2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis
dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
e.
Steinmetz (1995,
p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan
sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas
datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan
grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana
validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan
video.
f.
Vaughan (2004, p1)
: Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan
video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan
manipulasi digital.[[2]]
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan
menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi,
berkreasi dan berkomunikasi.
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia
a.
Harus ada komputer
yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar.
b.
Harus ada link yang
menghubungkan pemakai dengan informasi.
c.
Harus ada alat
navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling
terhubung.
d.
Multimedia
menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan
mengkomunikasikan informasi dengan ide.
Oleh karena itu, jika salah satu komponen tidak ada, bukan
multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk
berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak
ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka
itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang
untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan
multimedia.[[3]]
B. Aplikasi
Multimedia
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang
dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen,
suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat
berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based
Training.[[4]]
Banyak sekali jenis
aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja
sampai dengan membuat dan mengeditnya.
1. Media Player
Media
player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi
dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk
memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa
jenis perangkat lunak media player adalah:
o
Windows
Media Player, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam
paket Microsoft Windows.
o
Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft
Inc..
o
WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
o
PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
o
Musicmatch
Jukebox, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Musicmatch Inc.
o
DivX
Player, bersifat freeware atau
komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
o
Real
Player, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Real Networks.
o
XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU
General Public License.
o
Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi
GNU General Public License.
2.
Audio/Video Edtor
Video/audio
editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan
memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam
mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi
format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis
perangkat lunak media player adalah:
o
Adobe
Premiere Pro, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o
Adobe
Premiere Elements, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o
Windows
Movie Maker, bersifat
komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o
Pinnacle
Studio, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Pinnacle Systems.
o
TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
3.
Graphis/Image
Viewer
Image
viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image
secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format
image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows
bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network
graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga
menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana.
Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
o
ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
o
XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
o
Irfan
View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
o
Microsoft
Picture Manager, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o
Microsoft
Picture and Fax Viewr, bersifat
komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..
4.
Graphic/Image
Editor
Image
editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar,
mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem
komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan
fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis
image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan
vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai
berikut:
o
Adobe
Photoshop, merupakan vector dan bitmap
image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o
Corel
Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan
diproduksi oleh Corel Corporation.
o
Microsoft
Paint, merupakan bitmap image editor.
Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
o
Paint
Shop Pro, merupakan vector dan bitmap
image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o
GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team
dengan lisensi GNU General Public License.
5.
Animasi
Aplikasi
animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan
memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak
atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak
riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
o
Macromedia
Flash, merupakan perangkat lunak
animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat
komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
o
Houdini
Animation Software, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
o
Power
Animator, merupakan generasi pendahulu
dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias
Systems Corporation.
6.
Graphic 3D
Aplikasi
grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat,
mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image
secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan
representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak
grafik 3D adalah sebagai berikut:
o
3D
Studio Max, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
o
Silo
3D Modelling, bersifat
komersial dan diproduksi oleh
Nevercenter Ltd. Co.
Perkembangan bandwidth internet juga memberi dampak yang
sangat baik bagi perkembangan aplikasi multimedia, sehingga aplikasi ini mulai
digabungkan sebagai fasilitas penunjang dalam aplikasi berbasis web. Melalui
aplikasi berbasis web, user dapat berinteraksi dalam mengakses serta melengkapi
content/isi dari web tersebut. Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga
kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia
mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3
dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton.
Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis. Bau mulai menjadi
bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui
telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat
mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer
penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin
reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur
menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari
internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan
feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan
melainkan aroma.
Pada aplikasinya
multimedia dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti :
o Bisnis :
- Presentasi
- Pemasaran
- Periklanan
- Demo Produk
- Catalog
o Pendidikan :
- Tutorial
- Simulasi dan
pelatihan
- E – learning
o Hiburan :
- Games
- VOD : pengguna bebas mengakses data multimedia yang
tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, music, dll)
o Virtual Reality :
- Menggunakan elemen
dasar multimedia seperti : imagery, suara dan animasi
[1]
Janiansyah, Pengertian Multimedia,
(http://janiansyah.wordpress.com/, accessed on October 5, 2013 7:49)
[2]
Satria, Apa itu Multimedia, (http://www.satriamultimedia.com/, accessed on October 5, 2013 8:02)
[3]
Akhmad Bukhori, Definisi Multimedia
Menurut Beberapa Ahli, (http://akhmadbukhori31.blogspot.com/, accessed on October
5, 2013 8:05)
[4] Okto Duapan Simanullang, Aplikasi Multimedia, (http://okto-sumberdayaalam-okto.blogspot.com/, accessed on October 5, 2013 8:10)
[5] Multimedia. Macam-Macam
Software Multimedia, (http://multimedia-ais.blogspot.com/, accessed on October 7, 2013
15:20)
11 komentar:
Thanks informasinya :)
WWW.FULLYSOFTS.BLOGSPOT.COM
masih gk ngerty
semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi orang lain juga ya kak
good artikel
Myblog
semoga penulis dari artikel ini selalu memberikan hal-hal yang bermanfaat
disini linknya
saya kurang paham
My blog
thanks for informtion
Software Toko Bangunan
thanksss
terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat
Perkenalkan nama saya Mayang sari dari dari <a href="https://www.atmaluhur.ac.id>ISB Atma Luhur</a>
terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat
Perkenalkan nama saya Mayang sari dari dari ISB Atma Luhur
مكافحة حشرات
شركة مكافحة حشرات
Posting Komentar