RSS

Sumber Daya yang Harus Tersedia di Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah

MANAJEMEN PENDIDIKAN 3-B

KELOMPOK  4
                                                   NURKHASANAH (1113018200061)
                                                  RISKA HARDIANI (1113018200056)
                                               ATIK RACHMAWATI (1113018200058)
                                                  TITIN SUHARTINI (1113018200064)
                                              M. FATHURRAHMAN (1113018200059)
                                                  RIFKI AMRULLAH (1113018200057)

SUMBER DAYA YANG HARUS TERSEDIA DI PERPUSTAKAAN MADRASAH TSANAWIYAH

   A.    Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia diperpustakaan adalah komponen terpenting dalam menentukan berhasil tidaknya penyelenggaraan pelayanan perpustakaan. Hal terpenting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia perpustakaan adalah dengan pengangkatan (penerimaan) pegawai yang diupayakan minimal berpendidikan Diploma II Ilmu Perpustakaan. Maka dari itu pustakawan yang unggul, dan pustakawan yang mampu berpikir kreatif sangat dibutuhkan guna menciptakan sumber daya manusia perpustakaan yang berkualitas.
1.      Tenaga Perpustakaan sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah
a.)    Jumlah tenaga perpustakaan sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah
1.)   Perpustakaan dikelola oleh tenaga perpustakaan sekurang-kurangnya 1 orang.
2.)   Bila perpustakaaan sekolah/madrasah memiliki lebih dari enam rombongan belajar,maka sekolah diwajibkan memiliki tenaga perpustakaan sekolah sekurang-kurangnya dua orang.
3.)   Kualifikasi tenaga perpustakaan sekolah minimal diploma dua di bidang ilmu
perpustakaan.
4.)   Gaji tenaga perpustakaan tidak tetap minimal setara dengan upah minimum regional (UMR).
b.)    Kepala perpustakaan
1.)    Sekolah dapat mengangkat kepala perpustakaan apabila memiliki lebih dari satu orang tenaga perpustakaan memiliki lebih dari enam rombongan belajar.
2.)    Kualifikasi kepala perpustakaan adalah tenaga perpustakaan sekolah atau tenaga kependidikan dengan pendidikan minimal diploma dua di bidang ilmu perpustakaan dan informasi atau diploma dua bidang lain yang sudah memperoleh sertifikat pendidikan di bidang ilmu perpustakan dan informasi dari lembaga pendidikan yang terakreditasi.
3.)    Kepala perpustakaan sekolah harus memiliki sertifikat kompetensi perpustakaan yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi terakreditasi.
4.)    Gaji kepala perpustakaan sekolah/madrasah minimal setara dengan standar gaji guru sesuai dengan jenjang kepangkatannya.

B.     Sarana dan prasarana
1.      Gedung/ruang
a.       Perpustakaan menyediakan gedung/ruang yang cukup untuk koleksi, staf dan
pemustakanya dengan ketentuan bila 3 sampai 6 rombongan belajar seluas 112 m², 7 sampai 12 rombongan belajar seluas 168 m²,  13 sampai 18 rombongan belajar seluas 224 m²,  19 sampai 24 rombongan belajar seluas 280 m². Lebar minimal ruang perpustakaan 5 m².
b.      Pengaturan ruang secara teknis mengikuti ketentuan yang diatur dalam Permendiknas No.24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah(SMA/MA).

2.      Area
Gedung/ruang perpustakaan sekurang-kurangnya meliputi:
a.       area koleksi;
b.      area baca;
c.       area kerja;
d.      area multimedia.

3.      Sarana
Perpustakaan menyediakan sarana perpustakaan sekurang-kurangnya meliputi:
a.       Rak buku (10 buah)
b.      Rak majalah (1 buah)
c.       Rak surat Kabar (1 buah)
d.      Meja baca (10 buah)
e.       Kursi baca (20 buah)
f.       Kursi kerja (3 buah)
g.      Meja kerja (3 buah)
h.      Lemari katalog (1 buah)
i.        Lemari (1 buah)
j.        Papan pengumuman (1 buah)
k.      Meja sirkulasi (1 buah)
l.        Majalah dinding (1 buah)
m.    Rak buku referensi (1 buah)
n.      Perangkat komputer dan mejanya untuk keperluan administrasi (1 buah)
o.      Perangkat komputer, meja dan fasilitas akses internet untuk keperluan pemustaka (1 buah)
p.      Perangkat komputer, meja dan fasilitas katalog publik online untuk keperluan pemustaka (1 buah)
q.      TV (1 buah)
r.        Pemutar VCD/DVD (1 buah)
s.       Tempat sampah (3 buah)
t.        Jam dinding (2 buah)

4.      Lokasi perpustakaan
Lokasi perpustakaan berada di pusat kegiatan pembelajaran dan mudah dilihat serta mudah dijangkau oleh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.

C.    Koleksi
1.      Jenis Koleksi
Koleksi Perpustakaan meliputi :
a.)    Buku (buku teks, buku penunjang kurikulum, buku bacaan, buku referensi dan buku biografi)
b.)    Terbitan berkala (majalah, surat kabar)
c.)    Audio visual
d.)   Multimedia

2.      Jumlah Koleksi
a.)    Perpustakaan memperkaya koleksi dan menyediakan bahan perpustakaan dalam berbagai bentuk media dan format sekurang-kurangnya:
-          Buku teks satu eksemplar per mata pelajaran per peserta didik.
-          Buku panduan pendidik satu eksemplar pern mata pelajaran per guru bidang studi.
-          Buku pengayaan dengan perbandingan 70% nonfiksi dan 30% fiksi, dengan ketentuan bila 3-6 rombel jumlah buku sebanyak 1000 judul, 7-12 rombel jumlah buku sbenayak 1500 judul, 13-18 rombel jumlah buku sebanyak 2000 judul, 19-24 jumlah buku sebnayak 2500 judul
b.)    Perpustakaan menambah koleksi buku pertahun dengan ketentuan semakin banyak jumlah koleksi semakin dikit presentase penambahan koleksinya.
c.)    Perpustakaan melanggan minimal dua judul majalah dan dua judul surat kabar.

3.      Bahan perpustakaan referensi
Bahan perpustakaan referensi sekurang-kurangnya meliputi kamus bahasa Indonesia, kamus bahasa inggris-indonesia, kamus bahAsa Indonesia-inggris, kamus ahasa daerah, ensiklopedi umum dan khusus, buku statistic daerah, buku telepon, peraturan perundang-undangan, atlas, peta, kamus ilmu bumi(gasetir), biografi tokoh dan kitab suci.

D.    Layanan Perpustakaan
Pelayanan perpustakaan perlu dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sesuai dengan tuntutan jaman maupun teknologi yang berkembang.
1.      Jam buka perpustakaan
Perpustakaan menyediakan layanan kepada pemustaka sekurang-kurangnya tujuh jam per hari kerja.

2.      Jenis layanan perpustakaan
Jenis layanan perpustakaan sekurang-kurangnya meliputi
a) layanan baca di tempat;
b) layanan sirkulasi;
c) layanan referensi;
d) layanan teknologi informasi dan komunikasi (otomasi), Otomasi perpustakaan (library automation) ini adalah istilah yang sering digunakan untuk pemanfaatan komputer atau teknologi informasi di perpustakaan. Otomasi perpustakaan merupakan usaha mengalihkan pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh staf perpustakaan dengan cara manual, kepada mesin sebagai alat bantu dengan memperkecil campur tangan manusia dalam pengoperasiannya.

3.      Program wajib kunjung perpustakaan
Sekolah memiliki program wajib kunjung perpustakaan sekurang-kurangnya satu jam pelajaran/kelas/minggu.

4.      Program pendidikan pemustaka
Perpustakaan memiliki program pendidikan pemustaka sekurang-kurangnya setahun sekali.

5.      Program iiterasi informasi
Perpustakaan memiliki program Iiterasi informasi sekurang-kurangnya tiga kali setahun untuk setiap tingkatan kelas.

6.      Promosi perpustakaan
Perpustakaan melakukan promosi perpustakaan sekurang-kurangnya dalam bentuk:
a) brosur//eaf/ef/selebaran
b) daftar buku baru
c) majalah dinding perpustakaan
d) lomba yang berkaitan dengan pemanfaatan perpustakaan

7.      Laporan kegiatan layanan (statistik)
Perpustakaan membuat laporan kegiatan layanan perpustakaan (statistik) sekurangkurangnya berupa laporan bulanan dan laporan tahunan.

8.      Kerjasama perpustakaan
Perpustakaan melakukan pengembangan perpustakaan dengan cara mengadakan
kerjasama dengan:
a)      perpustakaan sekolah lain;
b)      perpustakaan umum;
c)      komite sekolah;

9.      Integrasi dengan kurikulum
Perpustakaan melakukan kegiatan yang terintegrasi dengan kurikulum sekolah meliputi:
a.)    Kegiatan mendorong kegemaran membaca melalui:
– Lomba sinopsis
– Gelar wicara (talk show) tentang buku
-  Lomba mengarang berbagai bentuk tulisan (puisi, prosa, esai)
b.)    Pembelajaran bidang studi di perpustakaan di bawah asuhan guru dan pustakawan.
c.)    Pengajaran program Iiterasi informasi.
d.)   Terlibat dalam merencanakan perangkat pembelajaran.
e.)    Membantu guru mengakses dan mendayagunakan informasi publik.
f.)     Menyelenggarakan kegiatan membaca buku elektronik.
g.)    Membantu guru mengidentifikasi materi pengajaran.
h.)    Membantu guru mengidentifikasi sumber rujukan dan referensi materi pengajaran

E.     Anggaran (Sumber Daya Finansial)
-          Sekolah/madrasah menjamin tersedianya anggaran perpustakaan setiap tahun sekurang-kurangnya 5% dari total anggaran sekolah di luar belanja pegawai dan pemeliharaan serta perawatan gedung.

-          Sumber anggaran perpustakaan sekolah/madrasah berasal dari Angaaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau yayasan dan atau donasi yang tidak mengikat, termasuk dana dari tanggung jawab sosial korporasi. 

2 komentar:

quigglykabacinski mengatakan...

Casinos Near Casino Wyandotte, NY - Mapyro
Casinos Near Casino Wyandotte · 충청북도 출장마사지 New York, NY: The 김제 출장마사지 Wynn Hotel is a 여수 출장샵 casino hotel located on the corner of 전라남도 출장안마 South Eighth Street and E 33rd 의정부 출장마사지 Street, and is connected to

Anonim mengatakan...

joya shoes 149d1jxtbl179 outdoor,INSOLES,Joya Shoe Care,walking,fashion sneaker,boots joya shoes 170a4ipznw440

Posting Komentar