MANAJEMEN PENDIDIKAN 3-B
KELOMPOK 4
NURKHASANAH
(1113018200061)
RISKA
HARDIANI (1113018200056)
ATIK
RACHMAWATI (1113018200058)
TITIN
SUHARTINI (1113018200064)
M.
FATHURRAHMAN (1113018200059)
RIFKI
AMRULLAH (1113018200057)
SUMBER DAYA YANG HARUS TERSEDIA DI PERPUSTAKAAN
MADRASAH TSANAWIYAH
A.
Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia diperpustakaan
adalah komponen terpenting dalam menentukan berhasil tidaknya penyelenggaraan
pelayanan perpustakaan. Hal
terpenting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia perpustakaan
adalah dengan pengangkatan (penerimaan) pegawai yang diupayakan minimal
berpendidikan Diploma II Ilmu Perpustakaan. Maka
dari itu pustakawan yang unggul, dan pustakawan yang mampu berpikir kreatif
sangat dibutuhkan guna menciptakan sumber daya manusia perpustakaan yang
berkualitas.
1.
Tenaga Perpustakaan sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah
a.) Jumlah tenaga perpustakaan sekolah menengah
pertama/madrasah tsanawiyah
1.)
Perpustakaan dikelola oleh tenaga perpustakaan sekurang-kurangnya
1 orang.
2.)
Bila perpustakaaan sekolah/madrasah memiliki lebih dari enam
rombongan belajar,maka sekolah diwajibkan memiliki tenaga perpustakaan sekolah
sekurang-kurangnya dua orang.
3.)
Kualifikasi tenaga perpustakaan sekolah minimal diploma dua di
bidang ilmu
perpustakaan.
perpustakaan.
4.)
Gaji tenaga perpustakaan tidak tetap minimal setara dengan upah
minimum regional (UMR).
b.)
Kepala perpustakaan
1.)
Sekolah dapat mengangkat kepala
perpustakaan apabila memiliki lebih dari satu orang tenaga perpustakaan
memiliki lebih dari enam rombongan belajar.
2.)
Kualifikasi kepala perpustakaan
adalah tenaga perpustakaan sekolah atau tenaga kependidikan dengan pendidikan
minimal diploma dua di bidang ilmu perpustakaan dan informasi atau diploma dua
bidang lain yang sudah memperoleh sertifikat pendidikan di bidang ilmu
perpustakan dan informasi dari lembaga pendidikan yang terakreditasi.
3.)
Kepala perpustakaan sekolah harus
memiliki sertifikat kompetensi perpustakaan yang dikeluarkan oleh lembaga
sertifikasi terakreditasi.
4.)
Gaji kepala perpustakaan
sekolah/madrasah minimal setara dengan standar gaji guru sesuai dengan jenjang
kepangkatannya.
B.
Sarana dan prasarana
1.
Gedung/ruang
a.
Perpustakaan menyediakan
gedung/ruang yang cukup untuk koleksi, staf dan
pemustakanya dengan ketentuan bila 3 sampai 6 rombongan belajar seluas 112 m², 7 sampai 12 rombongan belajar seluas 168 m², 13 sampai 18 rombongan belajar seluas 224 m², 19 sampai 24 rombongan belajar seluas 280 m². Lebar minimal ruang perpustakaan 5 m².
pemustakanya dengan ketentuan bila 3 sampai 6 rombongan belajar seluas 112 m², 7 sampai 12 rombongan belajar seluas 168 m², 13 sampai 18 rombongan belajar seluas 224 m², 19 sampai 24 rombongan belajar seluas 280 m². Lebar minimal ruang perpustakaan 5 m².
b. Pengaturan ruang secara teknis mengikuti ketentuan yang diatur
dalam Permendiknas No.24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk
Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah (SMP/MTs), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah(SMA/MA).
2.
Area
Gedung/ruang perpustakaan sekurang-kurangnya meliputi:
a.
area koleksi;
b.
area baca;
c.
area kerja;
d.
area multimedia.
3.
Sarana
Perpustakaan menyediakan sarana perpustakaan sekurang-kurangnya
meliputi:
a.
Rak buku (10 buah)
b.
Rak majalah (1 buah)
c.
Rak surat Kabar (1 buah)
d.
Meja baca (10 buah)
e.
Kursi baca (20 buah)
f.
Kursi kerja (3 buah)
g.
Meja kerja (3 buah)
h.
Lemari katalog (1 buah)
i.
Lemari (1 buah)
j.
Papan pengumuman (1 buah)
k.
Meja sirkulasi (1 buah)
l.
Majalah dinding (1 buah)
m.
Rak buku referensi (1 buah)
n.
Perangkat komputer dan mejanya
untuk keperluan administrasi (1 buah)
o.
Perangkat komputer, meja dan
fasilitas akses internet untuk keperluan pemustaka (1 buah)
p.
Perangkat komputer, meja dan
fasilitas katalog publik online untuk keperluan pemustaka (1 buah)
q.
TV (1 buah)
r.
Pemutar VCD/DVD (1 buah)
s.
Tempat sampah (3 buah)
t.
Jam dinding (2 buah)
4.
Lokasi perpustakaan
Lokasi perpustakaan berada di pusat kegiatan pembelajaran dan
mudah dilihat serta mudah dijangkau oleh peserta didik, pendidik dan tenaga
kependidikan.
C.
Koleksi
1.
Jenis Koleksi
Koleksi Perpustakaan meliputi :
a.)
Buku (buku teks, buku penunjang
kurikulum, buku bacaan, buku referensi dan buku biografi)
b.)
Terbitan berkala (majalah, surat
kabar)
c.)
Audio visual
d.)
Multimedia
2.
Jumlah Koleksi
a.)
Perpustakaan memperkaya koleksi dan
menyediakan bahan perpustakaan dalam berbagai bentuk media dan format
sekurang-kurangnya:
-
Buku teks satu eksemplar per mata
pelajaran per peserta didik.
-
Buku panduan pendidik satu
eksemplar pern mata pelajaran per guru bidang studi.
-
Buku pengayaan dengan perbandingan
70% nonfiksi dan 30% fiksi, dengan ketentuan bila 3-6 rombel jumlah buku
sebanyak 1000 judul, 7-12 rombel jumlah buku sbenayak 1500 judul, 13-18 rombel
jumlah buku sebanyak 2000 judul, 19-24 jumlah buku sebnayak 2500 judul
b.)
Perpustakaan menambah koleksi buku
pertahun dengan ketentuan semakin banyak jumlah koleksi semakin dikit
presentase penambahan koleksinya.
c.)
Perpustakaan melanggan minimal dua
judul majalah dan dua judul surat kabar.
3.
Bahan perpustakaan referensi
Bahan perpustakaan referensi
sekurang-kurangnya meliputi kamus bahasa Indonesia, kamus bahasa
inggris-indonesia, kamus bahAsa Indonesia-inggris, kamus ahasa daerah,
ensiklopedi umum dan khusus, buku statistic daerah, buku telepon, peraturan
perundang-undangan, atlas, peta, kamus ilmu bumi(gasetir), biografi tokoh dan
kitab suci.
D.
Layanan Perpustakaan
Pelayanan
perpustakaan perlu dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sesuai dengan
tuntutan jaman maupun teknologi yang berkembang.
1.
Jam buka perpustakaan
Perpustakaan menyediakan layanan
kepada pemustaka sekurang-kurangnya tujuh jam per hari kerja.
2.
Jenis layanan perpustakaan
Jenis layanan perpustakaan sekurang-kurangnya meliputi
a) layanan baca di tempat;
b) layanan sirkulasi;
c) layanan referensi;
d) layanan teknologi informasi dan komunikasi (otomasi), Otomasi perpustakaan (library automation) ini adalah istilah yang sering digunakan untuk pemanfaatan komputer atau teknologi informasi di perpustakaan. Otomasi perpustakaan merupakan usaha mengalihkan pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh staf perpustakaan dengan cara manual, kepada mesin sebagai alat bantu dengan memperkecil campur tangan manusia dalam pengoperasiannya.
a) layanan baca di tempat;
b) layanan sirkulasi;
c) layanan referensi;
d) layanan teknologi informasi dan komunikasi (otomasi), Otomasi perpustakaan (library automation) ini adalah istilah yang sering digunakan untuk pemanfaatan komputer atau teknologi informasi di perpustakaan. Otomasi perpustakaan merupakan usaha mengalihkan pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh staf perpustakaan dengan cara manual, kepada mesin sebagai alat bantu dengan memperkecil campur tangan manusia dalam pengoperasiannya.
3.
Program wajib kunjung perpustakaan
Sekolah memiliki program wajib kunjung perpustakaan
sekurang-kurangnya satu jam pelajaran/kelas/minggu.
4.
Program pendidikan pemustaka
Perpustakaan memiliki program pendidikan pemustaka
sekurang-kurangnya setahun sekali.
5.
Program iiterasi informasi
Perpustakaan memiliki program Iiterasi informasi
sekurang-kurangnya tiga kali setahun untuk setiap tingkatan kelas.
6.
Promosi perpustakaan
Perpustakaan melakukan promosi perpustakaan sekurang-kurangnya
dalam bentuk:
a) brosur//eaf/ef/selebaran
b) daftar buku baru
c) majalah dinding perpustakaan
d) lomba yang berkaitan dengan pemanfaatan perpustakaan
a) brosur//eaf/ef/selebaran
b) daftar buku baru
c) majalah dinding perpustakaan
d) lomba yang berkaitan dengan pemanfaatan perpustakaan
7.
Laporan kegiatan layanan
(statistik)
Perpustakaan membuat laporan
kegiatan layanan perpustakaan (statistik) sekurangkurangnya berupa laporan
bulanan dan laporan tahunan.
8.
Kerjasama perpustakaan
Perpustakaan melakukan pengembangan perpustakaan dengan cara
mengadakan
kerjasama dengan:
kerjasama dengan:
a)
perpustakaan sekolah lain;
b)
perpustakaan umum;
c)
komite sekolah;
9.
Integrasi dengan kurikulum
Perpustakaan melakukan kegiatan yang terintegrasi dengan kurikulum
sekolah meliputi:
a.) Kegiatan mendorong kegemaran membaca melalui:
– Lomba sinopsis
– Gelar wicara (talk show) tentang buku
- Lomba mengarang berbagai bentuk tulisan (puisi, prosa, esai)
– Lomba sinopsis
– Gelar wicara (talk show) tentang buku
- Lomba mengarang berbagai bentuk tulisan (puisi, prosa, esai)
b.)
Pembelajaran bidang studi di
perpustakaan di bawah asuhan guru dan pustakawan.
c.)
Pengajaran program Iiterasi
informasi.
d.)
Terlibat dalam merencanakan
perangkat pembelajaran.
e.)
Membantu guru mengakses dan
mendayagunakan informasi publik.
f.)
Menyelenggarakan kegiatan membaca
buku elektronik.
g.)
Membantu guru mengidentifikasi
materi pengajaran.
h.)
Membantu guru mengidentifikasi
sumber rujukan dan referensi materi pengajaran
E. Anggaran (Sumber Daya Finansial)
-
Sekolah/madrasah menjamin
tersedianya anggaran perpustakaan setiap tahun sekurang-kurangnya 5% dari total
anggaran sekolah di luar belanja pegawai dan pemeliharaan serta perawatan
gedung.
-
Sumber anggaran perpustakaan
sekolah/madrasah berasal dari Angaaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)
atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau yayasan dan atau donasi
yang tidak mengikat, termasuk dana dari tanggung jawab sosial korporasi.
2 komentar:
Casinos Near Casino Wyandotte, NY - Mapyro
Casinos Near Casino Wyandotte · 충청북도 출장마사지 New York, NY: The 김제 출장마사지 Wynn Hotel is a 여수 출장샵 casino hotel located on the corner of 전라남도 출장안마 South Eighth Street and E 33rd 의정부 출장마사지 Street, and is connected to
joya shoes 149d1jxtbl179 outdoor,INSOLES,Joya Shoe Care,walking,fashion sneaker,boots joya shoes 170a4ipznw440
Posting Komentar